Pembelajaran Daring

Bulan Maret 2021 merupakan awal keadaan dimana tenaga pendidik harus menyesuaikan diri dengan keadaan. Pandemi Covid-19 dengan cepat mengubah tatanan pendidikan, terkhusus di Indonesia. Keterbatasan ruang dan waktu talah mengubah tatanan proses belajar yang semula bertempat di sekolah menjadi bertempat di rumah siswa masing-masing. Hal ini mengharuskan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk berusaha lebih ekstra guna mengupayakan pendidikan bagi siswa-siswinya, tidak terkecuali pendidik di SD Islam Al-falah. Bapak/Ibu guru SD Islam Al-Falah dengan sigap merespon situasi yang telah terjadi sehingga tetap terlaksana pembelajaran yang efektif walaupun secara daring

Menyikapi perubahan proses belajar yang di akibatkan pandemi Covid-19, Bapak/Ibu guru SD Islam Al-Falah berupaya maksimal menggunakan berbagai media guna menunjang pembelajaran jarak jauh, di antaranya adalah sebagai berikut:

Penggunaan aplikasi google meet untukmenyapa dan menyelenggarakan pembelajaran secara daring.

Pembelajaran menggunakan aplikasi googel classroom

Sebagai pengganti kelas nyata, kami menggunakan kelas maya berupa google classroom. Setiap kelas terdapat 3 macam google class room, yaitu kelas tematik, kelas non tematik dan kelas ekstra kurikuler.

Pembelajaran menggunakan aplikasi worksheet online

Pembelaran bangun ruang menggunakan bantuan aplikasi geogebra

Penggunakan google form untuk kegiatan evaluasi pembelajaran

Penggunaan Quizizz dalam pembelajaran

Selain menggunakan media di atas, Bapak/Ibu guru SD Islam Al-Falah juga membuat video pembelajaran sebagai bahan belajar siswa di rumah. Berikut berbagai video pembelajaran yang telah dibuat oleh pendidik SD Islam Al-Falah:

PEMBIASAAN KARAKTER SEBELUM PEMBELAJARAN DARING DIMULAI

DOA PEMBUKA PEMBELAJARAN BTQ

MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS SATU

PEMBELAJARAN IPAS KELAS 4 WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELIPATAN BILANGAN BULAT KELAS 4

PEMBELAJARAN PAI MATERI AL-KHALIQ (MAHA PENCIPTA)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGURANGAN BILANGAN BULAT OLEH SUATU BILANGAN