Visi

SD Islam Al Falah Pesantren Kota Kediri mengusung visi:

“Terwujudnya generasi pelajar muda sebagai pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkhebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri, berkarakter dan cinta tanah air”

Misi

Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Islam Al Falah Pesantren Kota Kediri Menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:

  1. Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukanpembelajaran dengan memadukan antara teori dan praktek
  2. Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia berwawasan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT
  3. Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotongroyong.
  4. Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
  5. Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancanginovasi.
  6. Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orangtua.
  7. Menumbuhkan semangat religious untuk mewujudkan pelajar yang berkarakter
  8. Mengembangkan budaya sekolah yang menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air

TUJUAN

Tujuan yang diharapkan oleh SD Islam Al Falah Pesantren Kota Kediri dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun kedepan)

  • Mengoptimalkan sarana    prasana    sekolah    untuk    menunjang    rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalubelajar.
  • Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
  • Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan
  • Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian
  • Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global dimasyarakat.
  • Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
  • Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hinggasekolah.
  • Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dankreativitas.
  • Menyusun asessment yang baik dan benar sesuai dengan karakteristik peserta didik.
  • Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan
  • Mempertahankan prestasi yang sudah tercapaisebelumnya.

2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun kedepan)

  • Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat danminatnya.
  • Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem
  • Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca al qur’an dan menghafal surat-surat
  • Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada
  • Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi
  • Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya
  • Memotivasi peserta didik agar lebih terampil dan kreatif memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta

3. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun kedepan)

  • Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar
  • Menghasilkan lulusan yang hafal juz 30.
  • Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli social dalam toleransi
  • Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya
  • Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat pesertadidik.
  • Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan
  • Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang
  • Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta