Kegiatan Manasik Haji

Pagi itu, suasana di SDI PLUS AL-FALAH Pesantren Kediri tidak tampak seperti biasanya. Yang menarik, banyak para siswa-siswa dengan mengenakan baju putih-putih.

Didampingi para gurunya masing-masing, mereka nampak ceria. Mereka berjalan dari gerbang depan menuju lapang sekolah yang ditengahnya terdapat bangunan kotak dibungkus kain hitam, persis seperti Ka’bah di Mekkah. Ya, memang itu adalah replika Ka’bah yang sengaja dibuat untuk menggelar pelaksanaan praktek ibadah haji.

Mereka terlihat antusias dan berusaha untuk mendekat dengan Ka’bah. Namun, mereka harus bersabar, lantaran sejumlah rangkaian ibadah haji harus dilalui terlebih dahulu sebelum mereka mengelili Ka’bah nantinya.

Dalam barisan antrian, tak kurang dari 50 peserta mengikuti kegiatan tersebut. Mereka berasal dari siswa-siswi kelas 5 dan 6 SD Islam Plus Al-FAlah Pesantren Merekapun bersiap untuk segera mengikuti seluruh rangkaian tata cara ibadah haji.

Dalam runutan pelaksanaan manasik haji, para peserta akan diajarkan persis dengan ibadah aslinya. Seperti melempar jumroh, melakukan thawaf atau mengelilingi replika Ka’bah dan berlari-lari kecil melakukan sa’i

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.